Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 minuman yang dapat disajikan pada hari raya lebaran

5 Minuman yang dapat disajikan pada hari raya lebaran. hari raya lebaran tidak hanya identik dengan berbagai makanan ringan dan hidangan yang berat-berat saja. ada beberapa minuman yang dapat disajikan paha hari raya lebaran. beragam jenis minuman juga tidak selalu identik dijadikan takjil untuk berbuka puasa saja, berbagai minuman juga dapat disajikan pas hari raya lebaran sebagai minuma segar yang diminum setelah menyantap hidangan lebaran. jenis minuman ini tentunya harus memiliki sensasi rasa yang manis dan segar. pasalnya di hari raya lebaran itu kita biasanya selalu menyantap makanan yang mengandung santan dan lemak, oleh karena itu dibutuhkan minuman yang dapat menyejukkan tenggorokan dan menyegarkan tubuh.

Ada banyak ragam minuman yang dapat dijadikan sebagai minuman yang disajikan di hari raya lebaran, mulai dari minuman ringan sampai minuman yang dibuat sendiri. tapi usahakan minuman yang benar-benar membuat segar yang disajikan. tapi alangkah baiknya kita hindari minuman yang mengandung karbon atau soda, sebab minuman itu akan membuat perut menjadi kembung, lagi pula jenis minuman itu tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.

Minuman minuman yang dapat disajikan padahari raya lebaran lebih bagus hasil bikinan sendiri, minuman hasil perasan buah, campuran berbagai macam buah, atau jus, enis-jenis minuman ini lebih sehat dan menyegarkan daripada menyajikan minuman ringan yang memilikikandungan gulanya tinggi ditambah memliki bahan pengawet.

Nah, di bawahini ada 5 minuman yang dapat disajikan pada hari raya lebara, apasajakah minuman itu? silahkan kita ulah bersama-sama.

1. Es Buah
sensasi rasa
ilustrasi es buah (dok. Pribadi)


Siapa sih yang tidak tahu dengan es buah. minuman penutup yang dibuat memnggunakan perpaduanmacam macam buah buahan ini sangat enak dan menyegarkan apalagi kalau disantaps etelah makan ketupat dan opor, pasti akan membuat kita segar. es buah ini dibuaut menggunakan perpaduan buah seperti blewah, timus suri, mangga, buah naga, potongan agar-agar, dan masih banyak lagi buah-buahan yang dapat dicampurkan. campuran potongan buah-buahan itu dipadukan menjadi satu dalam suatu wadah dan ditambah santan, air gula, sirup, susu kental manis dan serutan es batu.

Baca juga: Cara membuat es buah yang segar 

Es buah ini ternyata mengandung bermacam manfaat dan dapat menjaga kesehatan untuk tubuh. selian untuk menjaga kesehatan tubuh juga dapat menjaga kecantikan kulit, menyegarkan tubuh, serta mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. tidak heran kalau es buah ini kaya akan manfaat, pasalnya bahan baku pembuatan es buah itu sendiri adalah kombinasi dari beraneka ragam buah buahan yang memiliki banyak nutris yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

2. Es timun

minuman yang kedua adalah es timun.es ini sesuai dengan namanya pasti menggunakan mentimun sebagai bahan utamanya. selain dapat menyegarkan, mentimun juga memiliki manfaat untuk tubuh, di antaranya dapat menurunkan tekanan darah tinggi, stroke,serangan jantung, menjaga kesehatan tulang, mencegah penyakit kanker, dan menjaga kesehatan kulit. dikarenakan dalam mentimun ini memiliki banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya diantaranya mengadung air, kalori, karbohidrat, protein,gula, seerat, vitamin, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, sodium, dan zink yang tinggi.        

Oleh karena itu es timun ini cocok sekali diminum setelah memakan hidangan yang tinggi lemak dan berkolestrol tinggi seperti opor, rendang, gulai kambing dan berbagai masakan olahan daging lalinnya. cara membuat es timun ini sangat mudah, tinggal kupas kulitnya dri buah metimun lalu serut bagian dagingnya dan tambahkan sirup lemon, air, dan tentu saja es batu. 

3. Es cendol

Minum ini memang sudah tidak saing lagi untuk kita. pasalnya es cendol ini banyak dijajakan di pasar maupun di dalam kompleks dengan mengguakan gerobak dorong. selain sebagai minuman yang sering dijajakan pada hari-hari biasa, tidak ada salahnya es cendol ini disajikan pada hari raya lebaran sebagai minuman pendamping. selain itu minuman es cendol juga memiliki beragam manfaat, di antaranya dapat melancarkan proses pencernaan makana dalam perut, menguatkan tulang, dan menjaga kestabilan tekanan darah. es cendol juga dapat dijadikan minuman untuk diet, sebab dalam es cendol memiliki kandungan karbohidrat yang membuat rasa kenyang lebih lama. minuman yang dibuat dari tepung hunkue, santan, dan air gula ini sangat mudah dibaut di rumah. apabila tidak ada waktu untuk membuatnya. tapi lebih baik bikin sendir isaja es cendol ini, pasalnya banyak para oknum pedagang yang curang dalam membuat es cendol ini, banyak dari mereka menambahkan bahan bahan yang berbahaya bagi tubuh. tidak maukan orang-orang terdekat kita (ayah, ibu, anak, kakak, adik, dan saudar saudara yang lain) mengonsumsi minuman yang dapat membahayakan kesehatan mereka. selain itu kalau kita membuat sendiri itu akan lebih memuaskan ketimbang beli.

Baca juga: Cara membuat es kelapa muda

4. Jus buah

Jenis minuman yang selanjutnya ada jus buah. ada beragam buah buahan yang dapat dijadikan jus, misalnya seperti buah alpukat mangga, buah naga, buah melon, danbuah stoberi. manfaat dalam jus buah yang berguna untuk melancarkan proses pencernaan makanan dalam tubuh dan memenuhi nutris harian tubuh seperti vitamin dan mineral. misalnya seperti pada buah alpukat yang mengandung lemak sehat oleat atau omega 9, vitamin E zat besi, tembaga, kalium, serat, asam folat, dan vitamin B6, yng bermanfaat membantu pembentukan sel darah merah, mencegah anemia, mengendalikan kadar kolestrol jahat dan masih banyak lagimanfaat yang terkandung di dalamnya.

Jadi minuma jus ini dapat disajikan di hari raya lebaran sebagai minuman penetralisir lemak jahat dan kolestrol yang masuk ke dalam tubuh melalui makana makanan yang tinggi lemak. cara pembuatan jus ini juga tergolong sangant mudah, tinggal kamu piih mau bikin jus apa, potong-potong buah, dan masukkan ke dalam blender, tambahkan air, gula, dan es batu.

5. Sirup buah

Minuman yang terakhir adalah sirup buah. jenis minuman ini merupakan salah satu minuma yang paling mudah dibikinya, kita tinggal menuangkan sedikit larutan sirup dari botol dan kita tambahkan air dan es batu. ada banyak produk yang menjual sirup buah dalam botol kaca ini, biasanya para produsen selalu mengiklankan produk ini pada saat menjelang bulan puasa. walaupun tidak banyak kandungan gizi dan nutrisi yang dikandunyanya, setidaknya serup buah kemasan dapat membuatmu merasa segar setelah menyantap hidangan yang serba berlemak. tapidalammengonsumsi minuman ini jangan berlebihan, sebab produk sirup kemasak seperti ini mengandung banyak gula dan memiliki bahan pengawet, jadi tidak begitu aman bagi tubuh, apabila diminum dengan takaran yang wajar mungkin tidak akan menjadi masalah bagi tubuh. kamu disa dengan mudah mendapatkan sirop buah ini, sebab produk ini sudah beredar luas dijual di pasaran.

Itu adalah 5 minuman yang dapat disajikan pada hari raya lebaran, silahkan bikin sajikan minuman-minuman di atas yang menurut kamu mudah dalam proses pembuatannya.

Baca juga:
5 resep masakan untuk lebaran
resep membuat rendang yang enak dan empuk
resep semur ayam kecap pedas manis
resep kue semprit susu yang renyah
cara membuat kue nastar selai nanas