Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

kue lebaran 2020 | resep bolu pisang bakar yang enak dan mudah



Sensasi rasa
Bolu pisang bakar (Flickr)

Kue lebaran 2020 | resep bolu pisang bakar yang enak dan mudah
. Tak terasa dua minggu lagi kita akan menyambut hari raya lebaran idul fitri. Di hari yang yang spesial ini, banyak sekali hidangan yang disajikan oleh orang-orang yang merayakannya. Hidangan ikonik pada hari raya lebaran adalah opor ayam, rendang daging, lemang dan ketupat, biasanya makanan-makanan ini akan dihidangkan dalam jumlah cukup lumayan banyak, untuk menjamu para tamu dan sanak saudara yang berkunjung. Dikarenakan momen ini hanya dapat dirasakan hanya setahun sekali- walaupun ada hari raya idul adha namun tidak semeriah idul fitri- orang-orang akan mulai membuat beraneka macam hidangan dari seminggu sebelumnya, biasanya jauh-jauh hari para ibu atau kaum hawa (laki-laki juga ada) akan membuat kue-kue kering khas lebaran untuk dihidangkan di hari raya, sebab kue kering tahan di simpang dalam waktu lama.

kue kering yang sering mejadi ikon di hari raya lebaran adalah kue nastar, kue kastengel, kue semprit susu, dan kacang bawang. Selain kue kering ada juga kue basah yang bisa dihidangkan pada hari raya lebaran. Misalnya kue lapis, dodol, kue wajik, manisan, bolu kukus, dan kue bolu bakar.

Baca juga: cara membuat pisang ray khas Bali yang enak dan lembut

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai resep bolu pisang bakar. Mungkin ada yang bertanya kenapa harus bolu pisang bakar? Jadi, bolu pisang rasanya lebih segar ketimbang bolu biasa, karena bolu pisang dibuat menggunakan campuran pisang menjadikan rasanya menjadi ada sensasi rasa pisangnya yang menjadikannya cocok disantap ketika hari raya lebaran. Dan kenapa yag dibakar buka yang di kukus? sebab bolu yang di bakar itu teksturny lebih padat dan enak ketimbang bolu kukus yang teksturnya cenderung gembos.

Bolu pisang bakar merupakan kue yang tergolong pada makanan berat. Pasalnya kue ini dapat memberikan rasa kenyang kepada yang memakannya. Kandungan gizinya pun sangat banyak. Dalam 100 gram kue bolu pada umumnya mengandung 256 kalora, 0,3 gram lemak, 511 mili gram natrium, 135 mili gram kalium, 59 gram karbohidrat, 6 protein, mineral (kalsium dan zat besi) dan vitamin (A, B12, B6, C, dan D), kemudian ditambah dengan kandungan nutrisi dalam pisang, per 100 gram-nya mengandung 89 kalori, 22 gram karbohidrat, 75% air, 1,1 gram protein, 12 gram gula, 2,6 gram serat, 0,3 gram lemak, 9,8 mili gram cholin, 5 mili gram kalsium,0,26 mili gram zat besi, 27 mili gram magnesium, 358 gram kalium, 22 mili gram fospor, 1 mili gram sodium, 0,15 mili gram seng, 0,08 mili gram tembaga, 0,27 mili gram mangan, 1 mikro gram selenium dan vitamin ( A, C, D, E, K, B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12), begitu kaya akan nutrisi kan bolu pisang ini? Selain itu, pisang juga bagus untuk makan khusus diet, karena dapat memberikan efek kenyang lebih lama.
Tanpa berlama-lama lagi mari kita langsung saja ke resep bolu pisang bakar yang enak dan mudah ini:

 Bahan-bahannya:
  • 5 buah pisang
  • 100 gam margarin/mentega yang telah cairkan
  • 5 butir telur ayam
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 gelas keju yang telah diparut
Cara pembuatannya:
  • Pertama kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi, kocok sampai adonan mengembang dan kaku.
  • Setelah itu masukkan baking powder dan terigu, masukkan dengan pelan-pelan, kemudian kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi, sampai bahan tercampur rata.
  • Kemudian, masukkan parutan keju ke dalam adonan, dan sisihkan sebagian parutan keju untuk digunakan sebagai taburan di atas bolu pisangnya. Kemudian aduk sebentar menggunakan mixer supaya parutan kejunya tercampur dengan adonan.
  • Tahap selanjutnya masukkan pisang yang telah dilumatkan ke dalam adonan, kemudian aduk-aduk kembali sebentar saja, kemudian tambahkan mentega cair yang sudah agak sedikit mendingin ke dalam adonan. Lalu aduk-aduk sampai rata.
  • Jika semua bahan sudah jadi, sekarang tiba saatnya menyiapkan loyang atau cetakannya. Siapkan loyang yang telah diolesi dengan mentega dan ditaburi dengan terigu di bagian dasarnya supaya nanti bolu pisangnya tidak lengket dengan cetakan.
  • Masukkan adonan ke dalam loyang, dan ratakan menggunakan spatula sampai rata, lalu taburi dengan parutan keju di bagian atasnya.
  • Setelah itu panggang di dalam oven sampai adonan kue bolu pisang matang, kurang lebih selama 25 menit.
  • Setelah matang, angkat dan sajikan.
Gimana sahabat, mudah kan pembuatan bolu pisang bakar ini? Silahkan dicoba, semoga artikel ini menginspirasi.