Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 buah yang dapat disajikan di hari lebaran

ilustrasi buah pisang (dok. pribadi)

5 Buah yang dapat disajikan di hari lebaran. Momen hari raya lebaran adalah momen yang sangat ditunggu tunggu tiap tahunnya. sebab pada momen hari raya lebaran kita dapat berkumpul bersama keluarha besar, sanak saudar banyak yang berkunjung ke rumah. Dalam suasana berkumpul bareng keluarga biasanya selalu disuguhi berbagai jenis makanan ringan, makanan berat (ketupat, lontong, opor ayam, rendang, semur daging, dan lain sebagainya), dan berbagai minuman untuk melengkapi suasana kumpul saat lebaran. Selain sajian makanan ringan, makanan berat, dan minuman, buah-buahan juga dapat disajikan untuk suguhan di hari raya lebaran. Selain sebagai suguhan, buah-buahan juga dapat dijadikan sebagai makanan pencuci mulut yag kaya akan manfaat setelah selesai menyantap hidangan utama, walaupun pada dasarnya buah-buahan dianjurkan disantap sebelum makan supaya memudahkan penyerapan vitamin-vitamin yang dikandungnya. Tapi di Indonesia umumnya buah-buahan itu disantap setelah makan atau sebagai pencuci mulut.

Ada banyak jenis buah-buahn yang dapat dihidangkan di hari raya lebaran. Tidak harus buah-buahan yang mahal, buah-buahan murah pun dapat disajikan untuk suguhan para tamu yang datang. Jenis buah untuk lebaran yang akan dibahas dalam artikel ini adalah senis buah-buahan yang mudah didapatkan, buah-buahan ini dapat didapatkan di pasar tradisional dan pasar swalayan, tetapi ada juga yang bisa didapatkan di kebun. Dalam artikel ini akan di bahas 5 buah saja, walaupun masih banyak lagi buah-buahan yang dapat dijadikan sebagai buah yang dapat dijadikan sajian di hari lebaran, hanya saja ini sebagai sampel saja.

Nah, ini dia 5 buah yang dapat disajikan di hari raya lebaran di antaranya:

1. Buah pepaya.

Buah yang pertama adalah buah pepaya. Siap sih yang tidak tahu dengan buah yang satu ini, buang yang memiliki warna kuning hingga kuning kemerahan ini memiliki rasa yang manis dan segar. Kenapa buah pepaya ini masuk dalam list pembahasan? karena buah pepaya sangat bagus untuk melancarkan pencernaan makanan dalam perut, terlebih di hari raya lebaran, kita selalu mengonsumsi olahan daging yang banyak, daging adalah salah satu jenis makanan yang sulit dicernah oleh perut terlebih daging yang terlalu mengandung lemak, yang dapat mengakibatkan sembelit. Dengan memakan buah pepaya ini, dapat meminimalisir sembelit, karena pepaya mengandung banyak serat.

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan selian bisa mengatasi sembelit dikarenakan terlalu banyak mengonsumsi daging, buah pepaya juga dapat mecegah kanker, meingkatkan kesehatan jantung, mencegah peradangan, meningkatkan kesehatan pencernaan, melindungi kulit dari kerusakan, menjaga kesehatan rambut dan mencegah penyakit asma. Selain meiliki banyak serat, pepaya juga mengandung berbagai zat nutrisi lainnya seperti kalori, karbohidrat, protein, kalium, kalsium, magnesiaum vitamin C, vitamin A, vitamin B9 (folat), B1, B2, B5, E, dan vitamin K. Selain memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, buah peaya juga kaya akan antioksidan. Antioksidan ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Yang mana radika bebas in  menjadi penyebab utama munculnya berbagai penyakit dalam tubuh. Jadi buah pepaya ini sangat cocok jika dihidangkan pada hari raya lebaran.

2. Buah pisang
Buah yang satu ini sangat mudah di dapatkan, terlebih kita yang hidup di pedesaan dapat mendapatkan buah pisang di kebun yang kita miliki. Buah yang berwarna kuning ini memliki bermacam manfaat untuk kesehatan. Manfaat buah pisang bagi kesehatan di antaranya dapat melancarkan sistem pencernaan, dapat menurunkan tekanan darah tinggi, dapat menurunkan resiko terkena stroke, meningkatkan stamina, baik untuk kulit, dapat meredakan nyeri pada ulu hati dan dapat mencegah tukak pada lambung.

Kandungan buah pisang kaya akan berbagai zat yang diperlukan tubuh, di antaranya mangan, magnesium, serat, karbohidrat, tembaga, dan potassium. Selain itu buah pisang mengandung vitamin B6 dan vitamin C.

Ada beragam jenis pisang yang tumbuh di Indonesia. Buah pisang yang paling populer adalah jenis pisang Ambon. Selain pisang ambon masih banyak pisang-pisang yang lainnya, seperti pisang kepok, pisang tanduk, pisang raja, dan masih banyak lagi jenis pisang yang terdapat di Indonesia. Jadi tidak rugi kalau buah pisang ini dijadikan cemilan di haru raya lebaran.

3. Buah apel

Buah yang ke tiga yang dapat disajikan di hari raya lebaran adalah buan apel. Pasti semua orang tahu dengan buah yang satu ini. Buah yang memiliki beragam jenis ini memang menjadi buah yang enak, buah yang memliki sensasi rasa perpaduan asam dan manis. Banyak buah apel yang beredar di pasaran Indonesia, dari apel impor seperti apel Fuji dan apel Washington, sampai apel lokal. Apel lokal yang terkenal adalah apel Malang.

Manfaat buah apel untuk kesehatan adalah dapat mencegah penyakit stroke, memlihara kesehatan jantung, dapat melawan kanker, dapat meningkatkan kinerja otak, baik untuk pengidap diabetes, dapat membantu mengurangi berat badan, dan masih banyak lagi manfaat yang akan diberikan dari mengonsumsi buah apel ini. Selain itu buah apel juga kaya akan kandungan nutris yang berguna untuk tubuh, di antaranya buah apel mengandung vitamin C, vitamin B6, vitamin B1,vitamin B2, vitamin B3, vitain B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin B12, viatmin A, vitamin D, vitamin E, cholin, magnesium, kalsium, zat besi, fosfor, potassium, sodium, dan seng. Dari sekian banyaknya manfaat dan nilai gizi yang dikandunya, maka buah apel layak dijadikan sebagai pelengkap di hari raya lebaran.

4. Buah pir

Buah yang satu ini hampir mirip dengan buah apel, hanya saja bentuk dari buah pir agak berbentuk oval. Buah pir juga kaya akan beragam nutrisi yang dikandungnya. Manfaat buat pir hampir sama dengan manfaat dari buah-buahan yang telah dibahas sebelumnya, seperti dapat mencegah kanker, menurunkan resiko diabetes, meningkatkan kesehatan jantung, membantu menurunkan berat badan dan dapat menyehatkan usus (sistem pencernaan).

Selain beragam manfaat yang diberikan, buah pir juga memiliki segudang kandungan nutrisi, di antaranya protein, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin C dan vitamin K. Dengan banyaknya manfaat yang akan diberikan apabila mengonsumsi buah pir ini, maka buah ini layak ada dalam list buah yang disajikan di hari raya lebaran.

5. Buah lengkeng

Buah lengkeng memliki rasa manis yang khas dan menyegarkan pula. Buah ini merupakan buah trospis. Buah lengkeng ini banyak dijumpai di negara-negara tropis pastinya, termasuk Indonesia di dalamnya. Buah lengkeng mengandung serat, air, protein, mineral (kalsium, zat besi, fosfor), tembaga, kalium, dan vitamin (vitamin B dan vitamin C). Selain kaya akan kandungan gizi, buah lengkeng juga kaya akan manfaat untuk kesehatan. Manfaatn yang akan didapatkan dari buah lengkeng ini adalah dapat menjaga kesehatan mata dan kulit, menangkal efek radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh, dan dapat menjaga berat badan agar tetap proporsional. Jadi buah lengkeng ini dapat dijadikan sebagai buah yang disajikan pada hari raya lebaran.

Nah itu adalah 5 buah yang dapat  disajikan di hari raya lebaran, sebenarnya masih banyak jenis buah lainnya yang tidak dapat saya masukkan dalam artikel ini.