Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 makanan yang menjadi menu sarapan favorit orang Indonesia

sensasi rasa
mie instan / dok. pribadi

sarapan merupakan suatu keharusan sebelum kita melakukan bermacam aktivitas. sarapan itu sendiri merupaka makan di waktu pagi berkisar pukul 06.00 sampai 08.00. sarapan memiliki fungsi sebagai pemberi energi untuk tubuh ketika beraktifitas.

ada bermacam menu untuk sarapan, dari yang memenuhi nutrisi untuk tubuh ada juga yang sekedar pengganjal perut saja. menu sarapan harusnya memiliki nutrisi-nutri yang penting, oleh para ahlin ini dinamakan makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. tapi kebanyakan di Indonesia tidak terlalu memusingkan mengenai kandungan nutrisi dalam makanan, mereka berdalih "yang penting perut kenyang".

nah, di bawah ini ada daftatr 5 makanan yang menjadi menu sarapan favorit orang Indonesia. mari kita ulassati-persatu.

1. bubur ayam
sensasi rasa
bubur ayam / flickr

menu yang satu ini tidak asing lagi di mata orang Indonesia. bubur ayam ini adalah bubur beras yang di tambah beraneka bumbu, kecap, suwiran daging ayam dan kerupuk sebagai pelengkapnya, yang memiliki sensasi rasa yang gurih dan lembut di mulut. bubur ayam ini sangat mudah didapatkan, apalagi di daerah perkotaan, banyak orang yang menjajakannya, baik di kios maupun di pinggir jalan dengan menggunakan gerobak dorong. alasan orang banyak menyantap bubur ayam ini adalah mungkin teksturnya yang lembut dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh dan juga ramah di kantong.

2. nasi goreng

nasi goreng merupakan nasi yang goreng bersama bumbu seperi bawang merah, bawang putih, kecap dan lainnya. biasanya nasi goreng ini disajikan dengan telur ceplok, mentimun, dan kerupuk. orang Indonesia banyak menjadikan nasi goreng sebagai salah satu menu sarapannya. alasan menjadikan nasi goreng ini sebagai menu sarapan, mungkin cara pembuatannya yang mudah, dan tidak dapat dipungkiri bahwa orang Indonesia tidak dapat lepas dari yang namanya nasi.

3. ketoprak
sensasi rasa
ketoprak / flickr

 ketoprak merupakan kulliner khas Indonesia, ketoprak biasanya menggunakan ketupat dalam penyajiannya. dalam ketoprak terdapat tahu, bihun, taoge, dan ditambah telur rebus sebagai tambahan. ketorakini disiram dengan saus kacang lalu ditabuei dengan bawang goreng, tidak ketinggalan kerupuk menjadi pelengkap. ketoprak bisa dikategorikan sebagai makanan berat, mungkin karena alasan ini lah orang sering menjadikannya sebagai menu sarapan.

4. mie instan
sensasi rasa
mie instan / dok. pribadi

 jenis makanan yang satu ini sangat popuer di kalangan anak kos. kenapa populer di kalngan anak kos? karena harganya yang murah dan rasanya yang enak mungkin menjadi pertimbangan kenapa mie instan menjadi menu untuk sarapan. namun demikinan, dari kacamata kesehatan tidak disarankan mengonsumsi mie instan secara terus menerus. tapi jenis makanan ini menjadi primadona di kala akhir bulan.

5. gorengan

sensasi rasa
gorengan (dok. pribadi)

nah, ini makanan yang menjadi kegemaran sebagian besar orang. ya betul, gorengan ! rasanya yang enak, renyah, dan harganya yang murah, menjadikan gorengan menjadi alternatif menu sarapan di kala akhir bulan selain mie instan. sebetulnya terlalu banyak memkan gorengan juga tidak baik sama seperti halnya mie instan. tapi dikarenakan makanan ini telah populer, orang tidak menghiraukan efek yang diakibatkan dari memakan terlalu banyak gorengan,malah ada yang mengonsumsi gorengan ini bareng nasi seperti halnya mie instan, mungkin karena faktor ekonomi hal ini dapat terjadi.

dari kelimaa daftar makanan di atas mana yang menjadi makanan favorit kamu untuk sarapa? pasti setiap orang memiliki selera masing-masing dalam memilih menu untuk sarapan. untuk orang yang peduli akan kesehatan mungkin memilih menu sarapan yang dibuat sendiri di rumah, membuat makanan untuk sarapan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. tetapi untuk kamu yang malas memasak mungkin akan membeli dari salah satu menu di atas, seperti membeli gorengan mungkin yang murah meriah.

mungkin hanya itu saja postingan artikel sensasi rasa kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalin