Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pengolahan Daun Pepaya Supaya Tidak Pahit

Cara Pengolahan Daun Pepaya Supaya Tidak Pahit
Cara Pengolahan Daun Pepaya Supaya Tidak Pahit ~ Pepaya merupakan jenis buah-buahan yang banyak mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Ternyata bukan hanya buahnya saja yang bisa di konsumsi oleh kita loh, Danu pepaya juga dapat kita konsumsi meskipun daunya terasa pahit ketika di masak. Pada kesempatan kali ini saya akan membahans Cara Pengolahan Daun Pepaya Supaya Tidak Pahit, ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya ketika di masak.

1. Rendam Dengan Garam Dapur.

Garam dapur mempunyai rasa asin ini akan mengurangi rasa pahit pada daun pepaya.
Caranya: Cuci terlebih dahulu daun pepaya sampai bersih lalu rendam daun pepaya dengan air  garam dapur sekitar 1 jam. Setelah itu buang air rendaman tadi lalu tiriskan daun pepaya sampai terpisah dengan airnya sambil diperas.

Maka rasa pahit yang terkandung ada pada daun pepaya akan menghilang karena kandungan garam yang menyerap rasa pahit pada daun pepaya.

2. Rebus Bersama Tanah Liat

Merebus daun pepaya bersama dengan tanah liat dapat menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya secara efektif. Caranya, kamu lakukan hanya mencampur air bersih dengan sedikit tanah liat. Sebelum daun pepaya matang, cuci daunnya dengan air yang mengalir lalu rebus kembali dengan air bersih sampai empuk serta rasa pahitnya hilang, cuci kembali daun pepaya dengan air mengalir supaya tidak kotor oleh tanah liat.

Baca Juag : Resep Membuat Semur Jengkol Pedas dan Empuk

3. Rebus Bersama Daun Jambu Biji ( Jambu Kelutuk )

Selain berkhasiat untuk mengatasi penyakit pencernaan, daun jambu biji juga dapat di gunakan untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya. Caranya, remas 8-10 lembar daun jambu biji kemudian rebus bersama daun pepaya hingga daunnya matang, setelah itu peras dan cuci kembali dengan air bersih.

4. Direndam Dan Rebus Menggunakan Asam Jawa

Asam jawa selain rasanya yang asam juga bisa menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya loh. Caranya, cuci bersih daun pepaya dengan air, rendap daun pepaya dengan beberapa biji asam, setelah itu diamkan selama 30 menit baru rebuh kembali dengan asam jawa, jika sudah matang peras dan tiriskan.

5. Meremas Daun Pepaya Dengan Garam

Nah Selain direndam dengan air garam cara ini pun sangat bagus untuk menghilangkan rasa pahit pada saun pepaya. Caranya, bersihkan daun pepaya terlebih dahulu dengan air bersih, siapkan nampan yang cukup, beri beberapa sendok garam dan remas daun pepaya hingga keluar air pada daun pepaya, setelah itu cuci kembali baru di oleh menjadi masakan yang lain.

6. Rebus Dengan Daun Singkong

Daun singkong selain enak buat di jadikan lalab dengan sambal, daun singkong pun bisa di gunakan untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya loh. Caranya, Rebus bersamaan dengan daun pepaya, namun yang perlu anda perhatikan adalah perbandinganya, 1 : 2 supaya rasa pahit pada daun pepaya ikut hilang bersama getah pada daun singkong, rebus hingga matang dan bilas dengan air bersih baru di peras supaya kandungan airnya hilang.

Baca Juga : Resep Membuat Coto Khas Daerah Makassar

Nah itulah beberapa cara pengolahan daun pepaya supaya tidak ada lagi rasa pahit ketika memasaknya, selamat mencobanya di rumah.