Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kue lebaran 2020 | Cara membuat manisan agar-agar (agar-agar kering)

kue lebaran 2020 | cara membuat manisan agar-agar (agar-agar kering). Kamu sedang bingung mencari referensi kue lebaran yang unik dan menarik? Jangan khawatir, pada artikel kali ini saya akan memberikan resep cara membuat manisan agar-agar atau agar-agar kering untuk dijadikan kue lebaran nanti.
Berbicara mengenai manisan, yang ada di benak kita adalah manisan yang terbuat dari berbahan dasar buah-buahan, misalnya manisan pala, manisan mangga, manisan salak, manisan kedongdong, dan masih banyak lagi manisan yang terbuat dari buah. Di sini kita akan membuat sesuatu yang unik, yaitu manisan agar-agar. 

Sebenarnya manisan agar-agar ini bukan makan jenis baru, manisan agar-agar dapat dikatakan sebagai kue jadul yang masih eksis sampai sekarang apalagi kalau menjelang hari raya lebaran seperti sekarang ini banyak para pengrajin kue membuat dan menjual manisan agar-agar. Cara pembuatannya yang mudah menjadikan kue yang satu ini tidak terlalu memakan banyak waktu untuk membuatnya.
Sebelum kita beranjak ke pembahasan cara pembuatannya, alangkah baiknya kita ulas dulu sedikit mengenai kandungan gizi yang dikandung oleh agar-agar ini. Agar-agar atau agarosa diolah dari rumput laut atau alga yang aman dikonsumsi oleh manusia. jenis rumput laut yang bisa diolah menjadi agar-agar ini adalah sejenis Eucheuma spinosum (Phodophycophyta). Dalam per 100 gram agar-agar mengandung 62 kalori, 14,19 gram karbohidrat (dengan rincian 13,49 gram gula, 75 mili gram sodium, dan 1 mili gram kalium), 1,22 gram protein, kolagen, mineral, omega 3, dan mucopolysacarida. jadi agar-agar ini memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh kita. 

Agar-agar telah dikenal luas di daerah Asia tropis sebagai makanan sehat yang mengandung serat lunak yang tinggi. Kandungan serat lunak ini sangat baik untuk melancarkan proses pencernaan makanan dalam usus kita. Selain dapat melancarkan sistem pencernaan, agar-agar juga dapat membentuk anti bodi, dapat memperbaiki jaringan sel yang rusak, membantu pertumbuhan jaringan tulang, kulit, dan otot dan masih banyak lagi manfaat yang diberikan dari agar-aagar ini. selain digunakan sebagai bahan pangan, agar-agar juga digunakan luas di laboraturium sebagai media untuk percobaan.
Setelah kita mengetahui berbagai macam manfaat yang terkandung dari agar-agar ini, selanjutnya mari kita bahas cara membuat manisan agar-agar atau agar kering yang menjadi topik utama artikel ini. Untuk kamu, silahkan dicatat bahan-bahan dan cara-caranya, supaya mudah dalam membuatnya.
Sensasi rasa
Manisan agar-agar (doc. Pribadi)


Bahan-bahan:

  • 3 bungkus agar-agar berwarna putih
  • gula pasri 500 gram
  • pewarna makanan (hijau dan merah / sesuai selera)
  • 800 mili liter air.
Proses pembuatannya:
  • pertama, siapkan wajan
  • masukkan air ke dalma wajan
  • tuangkan agar-agar bubuk dan gula, kemudian aduk sampai mendidih
  • setelah mendidih, masukkan ke dalam cetakan, tunggu sampai dingin.
  • setelah dingin, potong-potong agar-agar sesuai ukuran yang diinginkan.
  • terakhir, jemur agar-agar sampai kering dan sampai kristal-kristal gulanya timbul.
Setelah agar-agar kering, manisan agar-agar siap dikemas atau dinikmati. Perlu diingat, dikarenakan manisan agar-agar ini mengandung banyak gula, seyogyanya jangan berlebihan dalam mengonsumsinya. Lagi pula sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Cukup sekian dulu pembahasan mengenai cara membuuat manisan agar-agar ini. Selamat mencoba.

Baca juga:
resep kue cubit yang lembut dan enak
cara membuat kue nastar selai nanas yang enak dan lembut
cara membuat kue nastar, kue putri salju, dan kastengel
resep kue semprit susu yang renyah
resep kolak pisang kolang kaling untuk buka puasa
resep bolu pisang bakar yang enak dan mudah